Ada yang merdu merayu, ada yang agresif, ada yang sedikit memaksa (contohnya: ayoo donk booking kita, pelayaran lain kapalnya kebakaran #iki mekso tur ngawuurr hehehe#), ada yang merayu sambil memaksa…wes pokokke seru dengernya!
Saya sendiri dalam posisi in-house sales yang memegang service contract USA ( nah lho geje kan posisi saya). Kadang saya juga telpon2 shipper untuk menanyakan prospek shipment mereka, ada kalanya saya “jualan” jugag..(waarks kata jualan ini kok ambigu yah). Kalau shipper tanya rate
saya harus siap donk jawab pertanyaan mereka, walaupun itu bukan rate untuk USA. Pokokke jangan sampe rugi…sampai sekarang pun saya mengamati cara mereka, karena suatu saat nanti saya akan menjadi sales buat Dapoer Bintang Cake Shop *kedipkedipseneng*
Suatu kali, ada salah satu sales yang berkata kepada sales lainnya “ kamu kalo ada yang nanya harga jangan kasih harga nett donk, siapa tau itu competitor lagi cek market, sekarang harga kita bocor di pasaran, cargo kita lari tuh ke competitor” *wah ini saya harus pasang kuping, siapa tau saya bisa belajar trik jualan mereka*.
Alih-alih dapet tips jualan, eh saya malah denger jawaban : “lhoh kan memang harganya segitu, kalo aku jawab lain, berarti aku bohoong donk, aku kan gag mau bohong”. #GLODHAAAAAK#
Lain waktu saya pernah denger mereka beragumen :
Sales YT : kamu kok nulis IOL di visit list sih? Itu kan habis ta’ visit.
Sales RE : lhoh emang aku kesana kok…
Sales YT : kamu follow up apa disana?
Sales RE : aku ngga follow up apa2, aku kesana bayar arisan doank sama ketemuan temen2 ku disana, aku kan dulu perna kerja disana.
Sales YT : lheh kalo emang bukan urusan kerjoan ya jangan ditulis di visit list
Rek, nek dolen yo ojo ngaku kerjo…
Sales RE : lhoh aku gag mau bohong, aku emang kesana kok..
#ALAMAAAAAKKKKKKK#
*kalo bohong takut idungnya jadi panjang*
aa yang kau katakan hrus benar, tapi tidak semua yang benar dadari busineemu harus kau katakan. misalnya informasi kepada shipper, sampai dimana barangnya
BalasHapus